Arah Kiblat

July 17, 2010 Labels:

kabah-depanBaru-baru ini Majlis Ulama Indonesia (MUI) memfatwakan perubahan arah kiblat yang semula dari arah barat ke arah barat laut..

Sebenarnya gimana ci Hukum shalat menghadap kiblat??ConfusedHukum shalat menghadap kiblat adalah wajib karna itu adalah perintah Allah subhanahu wa ta'ala kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa salam dan umat islam yang tertuang di dalam al-Quran surat al_baqarah 144:

"Sesungguhnya Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.

Disini terlihat sekali lagi bahwa pengalihan ke Ka’bah bermula dari keinginan Nabi Muhammad shallahu ‘alihi wa salam atas pertimbangan beliau, namun ia berakhir dengan perintah Allah mengarah kepada semua umat Islam. Kedudukan dan cinta Allah kepada nabinya ditunjukkannya disini, dan dalam saat yang sama rahmat dan petunjuknya pada umat Islam tercermin pula pada ayat-ayat ini. ayat ini juga mengisahkan secara tidak langsung pada kita bahwa dahulu kiblat shalat bukanlah di ka’bah seperti skrg ini, sejarah menyebutkan kiblat ada di Masjid Aqsha. Akan tetapi Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam sangat ingin kiblat umat muslim adalah ka’bah yang terletak di makkah, akhirnya Allah subhanahu wa ta’ala mengabulkan keinginan Nabi shallahu ‘alaihi wa salam dengan di tandai turunnya ayat tersebut. Jelas di ayat tersebut, bahwa dimanapun kita berada shalat harus menghadap kiblat.

Nah yang jadi permasalah sekarang adalah, jika sebelumnya kita shalat menghadap ke barat tetapi ternyata kiblat ada di arah barat laut, sah kah shalat Kita???pertanyaan ini di jawab oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam al-Qur’an surat yang sama al-Baqarah ayat 115 :

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alihi wa salam mengutus suatu pasukan perang (termasuk di antaranya Jabir). Pada suatu waktu yang gelap-gulita, mereka tidak mengetahui arah qiblat. Berkatalah segolongan dari mereka: “Kami tahu arah qiblat, yaitu arah ini (sambil menunjuk ke arah Utara)”. Mereka shalat dan membuat garis sesuai dengan arah mereka shalat tadi. Segolongan lainnya berkata. “Qiblat itu ini (sambil menunjuk ke arah Selatan).” Mereka shalat dan membuat garis sesuai dengan arah shalat mereka. Keesokan harinya setelah matahari terbit, garis-garisan itu tidak menunjukkan arah qiblat yang sebenarnya. Sesampainya ke Madinah, bertanyalah mereka kepada Rasulullah shallahu ‘alihi wa salam tentang hal itu. Beliau terdiam. Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 115) sebagai penjelasan atas peristiwa tersebut.
(Diriwayatkan oleh ad-Daraquthni dan Ibnu Marduwaih dari al-’Arzami, yang bersumber dari Jabir.)

Oh ya bagi teman2 yang ingin mengetahui arah kiblat dari rumah anda atau masjid di sekitar rumah anda, anda bisa menggunakan qiblalocator atau juga bisa menggunakan google maps.. dengan menggunakan qiblalocator anda tinggal menulis alamat anda, arah kiblat ditunjukkan dengan garis berwarna merah..

sedangkan tuk menggunakan google maps, pertama yang anda harus lakukan adalah mencari Ka’bah (kaaba, mecca) kemudian tambahkan Placemark

b_kiblat02

Langkah selanjutnya, cari rumah anda dan tambahkan placemark,

b_kiblat03

setelah ini, balik ke ka’bah dan klik draw a line

b_kiblat04

kemudian, klik 2x di placemark rumah kita, dan muncullah garis biru, garis inilah arah kiblat kita..

b_kiblat05

selamat mencoba Happy

Wallahu a’lam..


Download : arah kiblat

0 comments:

Post a Comment

 
MaulaChela © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates