DIET Lemak…

October 3, 2010 Labels:
Halo guys, sebulan saya tak menulis apa2 di blog saya, maklum sibuk oy.. hehehe..sebelum ke inti permasalahan, saya ucapkan selamat hari raya lebaran minal aidzin wal faizin, mohon maafin segala kesalahan saya, baik dari ucapan, tulisan, perbuatan, yang tidak berkenan di hati anda baik secara sengaja maupun tidak sengaja..
Beberapa hari lalu,ada beberapa teman dan kluarga yang bertanya tentang diet, hehehehe, mreka bertanya karna berat saya turun banyak dalam beberapa bulan ini…sebenernya diet itu mudah kok asal ada niat… iyya Niat !!!
Mangapa ci perlu diet??? Temenku bilang dia untuk meningkatkan penampilannya dan rasa percaya dirinya (bener juga ci, PDku lebih besar waktu kurusan kyk skrg
J) tapi yg jelas diet itu untuk kesehatan tubuh kita.. timbunan lemak yang berlimpah di tubuh itu merupakan starter (pemicu) berbagai penyakit, misalnya gampang capek, diabetes, kanker, jantung coroner..berikut tips2 untuk diet lemak,
  1. Rajin Berolahraga

    Olahraga adalah salah satu langkah paling penting untuk menurunkan berat badan. Olahraga dapat meningkatkan kerja kardiovaskuler atau jantung Anda, memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga pasokan oksigen terpenuhi, maka metabolisme akan meningkat dan Anda akan merasa lebih fresh dan berenergi. Usahakan anda berolahraga sehabis bangun tidur atau sebelum anda sarapan!! Ketika anda baru bangun tidur dan belum sarapan, Glukosa (karbohidrat sumber energy utama) dalam jumlah sedikit dalam tubuh anda, maka tubuh akan menggunakan lemak (sumber energy cadangan) sebagai sumber energy. Jika anda sudah sarapan, maka usahakan olahraga lebih lama, karena pada 30-45 mnit tubuh membakar karbo sebagai sumber energy..

  2. Perbesar otot2 anda,

    Otot akan membakar kalori walaupun anda sedang tidur..

  3. Makan 3-6 perhari

    Dengan anda makan 3-6x sehari, metabolism akan terus menerus bekerja, misalkan jadwal makan anda seperti ini:

    06.00 – 08.00 : Sarapan pagi, telur (klo bisa jangan yg di goreng), Nasi (secukupnya jika perlu gunakan nasi merah karna Low GI), sayuran..

    09.00 – 10.00 : makan buah, seperti apel atau pisang, alpokat..

    12.00 – 13.00 : makan Siang, Nasi secukupnya, protein ( dada ayam, daging) dan sayur2an..

    15.00 – 16.00 : Makan buah (apel, pisang, apokat, atau buah lainnya)

    18.00 – 19.00 : Makan Malam…

  4. Perbanyak makan makanan yang memacu metabolism tubuh kita, Seperti :

    Karbohidrat kompleks dan Fiber Rich Foods: Termasuk karbohidrat kompleks dan serat dalam diet membantu kita dalam menjaga tingkat insulin dalam tubuh rendah. Ternyata ini akan membantu karena tingkat insulin yang tinggi mendorong tubuh untuk menyimpan lemak, dan untuk menyimpan lemak tubuh memiliki untuk mengurangi laju metabolisme.

    Makanan yang kaya akan kalsium
    : Berbagai penelitian, pada manusia maupun hewan, telah membuktikan fakta bahwa kalsium memicu metabolisme tubuh dan membantu dalam pembakaran kalori, yang pada akhirnya menurunkan massa lemak tubuh. Makanan yang kaya kalsium antara lain susu, kedelai, brokoli, dll.

    Makanan yang kaya akan protein: Daging adalah gudang protein. Tubuh membutuhkan jumlah lebih banyak energi untuk mencerna protein, daripada apa yang diperlukan untuk membakar lemak atau karbohidrat. Makan makanan yang kaya protein, seperti daging tanpa lemak, ayam (khususnya dada ayam) atau kalkun, dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mencerna mereka dan dalam proses, membakar lebih banyak jumlah kalori.

    Makanan yang kaya akan Omega-3 Fatty Acids: Ikan, seperti Salmon dan Tuna, mengandung unsur penting dalam bentuk omega 3 asam lemak esensial. Makan ikan mengubah tingkat leptin - hormon dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam metabolisme. Semakin tinggi tingkat leptin dalam tubuh, lebih cepat akan menjadi metabolisme tubuh.

    Kapsaisin pada rempah-rempah
    : rempah-rempah tertentu, seperti jalapeno, mengandung zat kimia yang dikenal sebagai Kapsaisin. Jika rempah-rempah ini dalam diet tidak hanya membuat makanan lezat, tetapi juga kecepatan denyut jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan pedas dapat membantu tingkat metabolisme sebesar 25 persen, dan membakar kalori sampai tiga jam setelah makan.

    Kafein dan Minuman kaya akan EGCG: Bahan Kimia seperti kafein, kopi, dan EGCG dalam teh, bisa jadi metabolisme penguat juga. Kafein membantu dalam meningkatkan denyut jantung dan jantung berdetak, dan mempercepat proses pembakaran kalori juga. Di sisi lain EGCG mempercepat otak dan sistem saraf, yang pada akhirnya meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

  5. Minum air lebih banyak
    Tubuh membutuhkan air untuk proses pembakaran kalori. Jika sedikit dehidrasi, dapat memperlambat metabolisme. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum delapan atau lebih gelas air dalam satu hari membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang minum empat. Untuk tetap terhidrasi, minum segelas air atau minuman manis lainnya sebelum makan dan makanan ringan.
  6. Istirahat yang cukup, Tidur cukup, 8 jam sehari. Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbarui dan memperbaiki sel sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga dalam level optimal.

GOOD Luck With your Diet!...


0 comments:

Post a Comment

 
MaulaChela © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates